Jumat, 08 April 2016

Grafis VEKTOR DAN BITMAP

VEKTOR
adalah objek gambar yang dibentuk oleh kombinasi dari titik dan garis dengan menggunakan rumus matematika tertentu. Gambar vector merupakan gambar yang dibentuk dari awal dengan membuat dan menggabungkan beberapa objek garis, kurva, dan bidang tertentu menjadi suatu gambar jadi. Contoh gambar vektor adalah gambar kartun.

Kelebihan:
- Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
- Bersifat scalable, artinya objek gambar vektor dapat diperbesar atau diperkecil atau diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
- Dapat dicetak pada resolusi tertinggi printer Anda
- Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
- Memiliki ukuran file yang kecil, sehingga lebih mudah dan lebih cepat didownload melalui Internet.
  Dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi, tentunya dengan menggunakan software yang sesuai.
- Mempunyai warna-warna yang solid, cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana, seperti logo, kartun, dan sebagainya.

Kekurangan:
- Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap
- Kurang dapat menampilkan gambar dan gradasi secara realitis atau natural.



BITMAP
Objek grafis bitmap gambar dibentuk oleh titik-titik dan kombinasi warna. 
Dalam grafik komputer, gambar bitmap merupakan struktur data yang mewakili susunan pixel warna yang ditampilkan di layar monitor, kertas atau media display lainnya. Secara teknis gambar bitmap digambarkan dengan lebar dan tinggi dalam pixel dan jumlah bit per pixel. 

Bitmap lebih bersifat natural, dan memang merupakan duplikat dari kondisi asli alami yang disimpan melalui media kamera menjadi file. Bila diperbesar, kualitas gambar bitmap akan menurun dan terkesan pecah-pecah membentuk titik-titik kotak kecil yang dikenal dengan pixel.
Beberapa format gambar bitmap yang sering dijumpai: GIF, JPEG, BMP dan PNG.

Kelebihan:
- Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan.
- Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan
- Mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural.
- Lebih cepat dan lebih sesuai untuk ditampilkan ke layar monitor, karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor Anda.

Kekurangan:

- Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.
- Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah- Perubahan ukuran gambar (pembesaran dan pengecilan) mempengaruhi kualitas gambar.
- Ukuran file gambar relatif besar.
- Melakukan kompresi (pemadatan) pada gambar, maka kualitasnya gambar tersebut akan menurun.


Aplikasi Untuk Membuat Grafis Vektor Dan Bitmap
  • Program aplikasi untuk membuat vektor dan bitmap grafis banyak jenis, seperti PT Maker, Corel Photo Paint, CorelDraw, Adobe Photoshop dll. Tapi yang akan dibahas di sini program aplikasi CorelDraw dan Adobe Photoshop.
  • CorelDraw adalah salah satu program yang banyak digunakan dalam pembuatan desain grafis dan editing Bitmap yang dilengkapi dengan sistem manajemen warna penuh dan alat interaktif yang memfasilitasi penciptaan dan editing suatu objek.
  • Sementara Adobe Photoshop adalah salah satu program aplikasi unuk digunakan untuk mengedit gambar (image) menjadi gambar yang lebih menarik, dan dapat mengedit foto dan gambar yang telah discan ke dalam komputer.

Daftar Istilah Pending dalam Design Grafis :

  • Fill : Isi dari suatu objek kurva atau bidang-bidang tertentu, biasanya berupa warna.
  • Natural : Warna atau kesan alamiah.
  • Node : Titik-titik penghubung antar garis pada suatu objek.
  • Pixel : Picture element, bagian terkecil dari gambar bitmap, berupa titik titik penyusun gambar.
  • Stroke : Objek garis dari suatu gambar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar